Biaya Tambahan untuk Tiket Pesawat Batam Padang dan Penerbangan Lain

Pernah gak sih Anda merasa bahwa tiket pesawat Batam Padang atau penerbangan lainnya mahal? Anda tak sendirian, kok! Masih ada orang yang mengeluhkan hal sama. Namun,sebenarnya itu adalah hal yang wajar. Harga tiket mahal bisa jadi karena adanya biaya tambahan berikut. Tapi, bisa juga tidak, ya!

Biaya yang Termasuk dalam Tiket Penerbangan

Untuk biaya yang termasuk dalam tiket penerbangan yang Anda bayarkan, sebenarnya di dalamnya ada biaya Pajak Pertambahan Nilai atau PPN dengan besaran 10%. Selain itu, juga ada biaya administrasi, biaya asuransi dan biaya tambahan bahan bakar atau fuel surcharge atau FS.

Bisa Anda harus membayar sebesar Rp600.000,- untuk tarif dasar penerbangan Batam Medan, maka di dalam biaya tersebut ada sebesar Rp60.000,- biaya PPN, asuransi sebesar Rp6.000,- dan tarif FS yang hampir separuh dari biaya tarif dasar tersebut. Anggaplah tarif FS ini dikenakan sebesar Rp250.000,-.

Nah, nantinya harga yang akan tertera di tiket Anda adalah sebesar Rp916.000,-. Jadi, jangan heran kalau harga tiket yang harus Anda bayarkan lebih mahal dan bilapun Anda mendapatkan promo, harga yang didapat tidak sesuai karena belum ditambahkan dengan biaya-biaya di atas.

Biaya Tambahan Lain

Selain itu, ketika Anda terbang dengan tiket pesawat Batam Padang atau rute lainnya, Anda juga bisa dikenakan biaya tambahan untuk pajak bandara dan biaya reservasi. Pajak bandara ini pun terbagi ke dalam dua bagian yakni passenger service charge dan pajak yang dike akan untuk barang-barang yang dibawa penumpang dari luar negeri.

Sedangkan untuk biaya reservasi dikenakan saat Anda melakukan booking tiket pesawat melalui cara apapun. Untuk besaran biaya PCS berbeda untuk setiap bandara serta tujuan destinasinya. Untuk Bandara Soekarno Hatta saja misalnya, Anda akan dikenakan biaya sebesar Rp40.000,- hingga Rp50.000,- untuk penerbangan domestik.

Lalu, untuk pajak barang yang dibawa dari luar negeri, baru akan dikenakan bila barang yang dibawa melebihi 250 dolar As untuk perorangan dan 1.000 dolar AS untuk barang kelompok. Sedangkan untuk biaya reservasi, juga berbeda-beda untuk setiap maskapai. Untuk rata-rata, berkisar antara Rp20.000,- hingga Rp35.000,- per penerbangan.

Biaya Kondisi Khusus

Anda juga mungkin akan dikenakan biaya untuk kondisi khusus. Kondisi ini semisal Anda memiliki permintaan khusus pada pihak maskapai semisal penambahan bagasi, perubahan nama hingga perubahan jadwal penerbangan dan membeli makanan di dalam pesawat. Untuk kondisi terakhir, ini biasanya diterapkan di maskapai LCC atau low cost carrier.

Maskapai tidak menyediakan makanan dan minuman. Kalau Anda menginginkannya, Anda bisa membeli saat berada di pesawat. Baik makanan berat atau makanan ringan, biasanya ada di pesawat dengan harga yang berbeda-beda. Sedangkan untuk bagasi tambahan, ketentuan untuk setiap maskapai berbeda-beda.

Oleh sebab itu, pastikan Anda menanyakan kebijakan penambahan bagasi lebih dulu. Pada umumnya, maskapai menyediakan 20 kg muatan bagasi gratis untuk bagasi check in dan 7 kg untuk bagasi kabin per penumpang. Selebihnya, akan dikenakan biaya tambahan yang dihitung per kg atau disesuaikan dengan waktu tempuh penerbangan yang dilakukan.

Bagaimana? Sudah paham mengapa harga tiket pesawat Batam Padang atau tujuan lainnya mahal, kan? Ada banyak biaya yang sebenarnya ditetapkan pada penerbangan. Namun, Anda tak akan kena semua itu, kok! Kalau Anda mau beli tiket pesawat secara mudah, Anda bisa beli di Blibli saja. Dapatkan harga yang lebih murah dengan banyaknya promo dan diskon!

No Comments

Leave a Comment