Cara Mudah Mengatasi Bayi Sungsang Tanpa Bantuan Medis

Sungsang merupakan kondisi di mana bagian kaki atau pantat bayi berada di jalan lahir. Padahal seharusnya bagian kepala yang berada di daerah tersebut. Jika hal ini terjadi maka proses melahirkan akan berjalan lebih sulit yang mengharuskan seseorang menjalani operasi caesar. Nah berikut beberapa cara mudah mengubah posisi janin tanpa perlu bantuan medis.

Posisi Telentang

Cara pertama yang bisa Anda lakukan untuk mengubah posisi janin adalah dengan berbaring di atas lantai yang sudah dilapisi dengan matras yoga atau karpet. Setelah itu berilah batal pada bagian pinggul Anda agar posisi perut lebih tinggi dari kepala. Jika bagian kepala terasa kurang nyaman, Anda juga bisa menggunakan bantal di bagian kepala.

Meski demikian perlu untuk Anda ingat, jika posisi perut harus lebih tinggi dari kepala. Setelah itu Anda bisa mengambil napas dalam-dalam secara perlahan. Usahakan badan agar dapat serileks mungkin dan tahan posisi tersebut selama kurang lebih 15 menit. lakukan gerakan ini 3 kali dalam 1 hari. hasilnya juga akan lebih efektif jika perut Anda dalam keadaan kosong.

Posisi Berlutut dengan Dua Tangan

Cara mengubah posisi bayi sungsang selanjutnya yang bisa Anda lakukan adalah dengan meletakkan kedua lutut dan telapak tangan Anda di lantai. Setelah itu doronglah bagian perut Anda ke atas sampai posisi rahim lebih tinggi dari kepala seperti posisi bersujud. Selama dalam posisi ini bergoyang ke depan dan ke belakang secara perlahan selama kurang lebih 5 hingga 15 menit.

Selama melakukan cara yang satu ini, pastikan Anda menggunakan alas yang aman dan nyaman agar lutut dan telapak tangan Anda tidak bersentuhan langsung dengan lantai. Selain itu agar lebih nyaman, Anda juga bisa menggunakan penyangga. Lakukan gerakan ini sebanyak 2 kali dalam sehari agar mendapatkan hasil yang lebih maksimal.

Posisi Push Up

Cara yang satu ini cenderung lebih sulit untuk dilakukan. Sebab Anda membutuhkan bantuan suami atau asisten rumah tangga untuk membantu Anda melakukan gerakan yang satu ini. Caranya Anda hanya perlu meluruskan badan menghadap ke lantai. Selain itu pastikan letak kaki harus lebih tinggi dari kepala. Anda bisa meletakkan kaki di atas kursi atau bantal yang sudah disusun.

Setelah itu mintalah bantuan orang lain untuk memegangi Anda agar tidak jatuh dalam posisi ini. Agar lebih nyaman, Anda juga bisa menggunakan bantal yang diletakkan di bawah perut agar bagian perut Anda tidak langsung menyentuh lantai. Tahan posisi tersebut selama kurang lebih 30 detik dan ulangi gerakan tersebut sebanyak 3 kal

Posisi Duduk Tegak

Duduk dengan tegak juga merupakan cara selanjutnya yang bisa Anda lakukan untuk mengubah posisi janin dalam kandungan. Caranya juga terbilang cukup mudah, Anda hanya perlu duduk tegak dengan memeluk kedua lutut Anda. pastikan Anda membuka area pelvis untuk memudahkan janin bergerak mendekati jalan lahir.

Menggunakan Suara Musik atau Suara Ayah

Menjelang kelahiran biasanya bayi sudah mulai bisa merespons dan mendengar suara dari dalam kandungan. Nah Anda bisa memang musik klasik yang akan merangsang janin dalam kandungan untuk bergerak mendekati sumber suara. Selain itu, Anda juga bisa meminta suami untuk berbicara kepada bayi. Pastikan berbicara di dekat rahim agar bayi bisa bergerak mendekatinya.

Nah di atas merupakan beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi bayi sungsang. Jika menjelang kelahiran posisi janin dalam kandungan masih belum tepat, Anda bisa melakukan beberapa cara di atas untuk membantu janin bergerak mendekati jalan lahirnya.

No Comments

Leave a Comment